Tinggal di Kutai Barat? Pesananmu kami yang antar. #DiRumahAja.

Bertani itu Kotor? Pasti Belum Kenal Hidrogel!

Ada anggapan bahwa pertanian itu kotor dan becek menyebabkan generasi muda enggan untuk menekuni dunia pertanian. Padahal dunia pertanian tidak melulu berkaitan dengan media tanam yang kotor dan becek, media tanam hidrogel misalnya.

Media tanam disebut juga dengan media tumbuh, bagi tanaman umumnya berupa tanah. Puluhan bahan yang berbeda yang digunakan dalam berbagai kombinasi untuk membuat media tumbuh buatan sendiri atau komersial.

Media tanam umumnya memiliki berbagai nutrisi, mineral, air, vitamin, serta kandungan lain yang tentunya dibutuhkan oleh tanaman, sehingga peran akar berperan penting dalam menyerap kandungan hara yang dimiliki media tanam bisa lebih optimal.

Teknologi pertanian hidrogel menggunakan polimer pembentuk gel yang tidak larut untuk meningkatkan sifat menahan air dari berbagai tanah, seperti tanah liat dan lempung berpasir . Hal ini dapat meningkatkan penahanan air dan penggunaan air (hingga 85% untuk pasir), meningkatkan permeabilitas tanah, mengurangi kebutuhan irigasi, mengurangi pemadatan, erosi tanah , dan pencucian, dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Media Tanam Hidrogel (crystal soil) merupakan salah satu inovasi media tanam yang cocok digunakan untuk bertanam di dalam rumah ataupun pekarangan rumah. Hidrogel sendiri merupakan kristal polimer yang dapat menyerap dan menyimpan air hingga 600 kali dari bobotnya. Kristal-kristal ini tampak seperti butiran-butiran kecil kwarsa sebelum jenuh dengan air, dan akan mirip cabikan jelly jernih ketika sudah jenuh air

Di pasaran, hidrogel banyak dijual dengan berbagai bentuk dan warna. Umumnya hidrogel berbentuk seperti kristal atau bulat disertai dengan warna yang menarik seperti bening, merah, pink, biru, ungu, kuning, hijau, orange, hitam dan pelangi. Selain dapat membantu tanaman untuk mendapatkan air yang cukup, hidrogel juga dapat membantu menghias ruangan karena keindahannya.

Hidrogel ini aman untuk digunakan karena dibuat dari bahan polimer alam berupa pati biji bijian, sehingga hidrogel bersifat biokompetible dan biodegredable (terurai secara alami). Hidrogel biasanya terurai secara alami menjadi air, karbondioksida dan komoponen nitrogen dengan bantuan mikroba. Di bidang pertanian, hidrogel ini banyak dimanfaatkan karena telah terbukti memberikan dampak yang positif.

Beberapa manfaat Hidrogel

  • Dapat mengurangi frekuensi penyiraman pada tanaman
  • Mengurangi pencemaran lingkungan dan tanah
  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena selalu tersedianya air dan nutrisi
  • Menekan angka kematian pada tanaman
  • Tidak mencemari lingkungan, karena diuraikan secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, serta komponen Nitrogen
  • Memastikan tersedianya air sepanjang tahun
  • Menekan hilangnya air akibat dari evaporasi dan leaching
  • Mampu membentuk aerasi udara yang bagus

Cara mengaplikasikan hidrogel pada tanaman tidaklah sulit, cukup dengan merendam gel kering ke dalam larutan yang berisi campuran air dan pupuk tanaman. Kemudian wadah perendaman ditutup agar tidak terkontaminasi debu dan didiamkan selama beberapa jam unuk membiarkan hidrogel menyerap larutan tersebut hingga membengkak. Selanjutnya hidrogel ditiriskan dan dimasukkan kedalam vas atau wadah tempat tumbuh tanaman.

Dalam aplikasinya tidak semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan media tanam hidrogel. Tanaman yang dapat tumbuh dengan media tanam hidrogel adalah tanaman yang hanya memiliki ciri-ciri seperti tahan terhadap kadar air berlebih, tahan kelembaban tinggi, tidak berkayu dan tidak berbunga, serta tanaman yang hanya cocok ditanam di dalam ruang.

hidrogel
Sumber : Layanan Informasi Desa

Beberapa contoh tanaman dengan kriteria tersebut adalah Aglaonema sp., Scindapsus sp., Cripthantus sp., Pilea cadieriAnthurium sp., Cyperus sp., dan Sanciviera. Selain itu tanaman sayuran seperti selada dan caisim juga cocok ditanam pada media hidrogel, hanya saja tanaman ini perlu ditumbuhkan terlebih dahulu pada media arang sekam sampai berumur sebulan sebelum akhirnya dipindah ke dalam hidrogel

Sama halnya dengan media tanah, pemanfaatan media hidrogel ini juga memerlukan perawatan. Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan media tanam dengan hidrogel adalah:

  • Jika hidrogel mulai menyusut, maka hidrogel perlu disemprot menggunakan air secara merata hingga akhirnya hidrogel kembali mengembang sempurna. Jumlah air yang disemprotkan disesuaikan dengan kebutuhan hidrogel hingga dapat mengembang saja, jangan sampai air menggenang di bawah wadah.
  • Jika hidrogel kotor karena kena debu atau karena lain hal, hidrogen dapat dibersihkan dengan cara dikeluarkan dari wadah, dicuci/bilas, kemudian direndam dalam air hangat selama sejam, lalu ditiriskan kembali selama 20 menit.

Anda tertarik dengan Hidrogel. Silahkan Beli Hidrogel di sini

Referensi:
hidrogel.bisnisant.web.id
warstek.com
tekooneko.com

Kolom Komentar

Kemudahan Berbelanja

Sistem integrasi dan user friendly

Jaminan Pergantian

Kemudahan klaim ganti produk

Jaminan Kualitas

Terbaik, unggul dan bersaing

100% Keamanan Transaksi

Transfer Bank dan COD

Home
Produk
0
FAQ's
Akun Saya