Obral!

Bibit Durian Bawor

Rp 150.000

-17%

Durian bawor tenyata dikembangkan dari berbagai macam jenis atau spesies durian lokal unggulan. Memang varietas durian ini masih tergolong varietas baru dan masih langka ketersediaannya dipasaran, baik ketersediaan buah maupun bibit durian. Tapi Anda tidak akan kecewa ketika menikmati durian ini karena diambil dari berbagai jenis durian unggulan sehingga menghasilkan durian dengan mutu dan kualitas yang lebih baik.

Durian bawor ini ternyata dikembangkan oleh seorang petani durian asal Banyumas yang bernama Sarno Ahmad Darsono. Nama Bawor sendiri diambil dari tokoh punakawan Bagong adik dari Petruk. Petruk sendiri dikenal sebagai salah satu jenis durian lokal unggulan. Menurut Pria ini sehari-hari berprofesi sebagai seorang guru SD di Alas Malang, Kemrajen, Banyumas, Jawa tengah ini durian bawor adalah gabungan dari 35 varietas pohon durian unggulan baik yang lokal maupun durian import yang ditanam dengan menggunakan teknik okulasi. Teknik okulasi dipilih oleh Sarno karena menurut beliau okulasi berguna untuk menjamin ketersediaan makanan yang lebih banyak untuk pohon primer.

Memang sejak kecil Sarno sudah tertarik dengan budidaya tanaman durian karena sejak lahir Sarno dianugerahi kemampuan naluriah dalam menilai durian baik tingkat kematangan maupun rasa durian. Hanya dengan melihat biji durian Sarno dapat mengenali jenis durian tersebut, Butuh waktu yang cukup lama bagi Sarno untuk menciptakan jenis durian unggulan hingga pada sekitar tahun 1996 Sarno berhasil menemukan durian varietas baru setelah bertahun-tahun berusaha untuk menghasilkan durian unggulan baru. Beliau melakukan metode penanaman okulasi pada pohon durian. Usahanya dalam bidang budidaya durian pun tak sia-sia karena pada tahun 2004 Sarno mendapat penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden sebagai Petani Penangkar Durian Unggul.

Jika kita bicara tentang keunggulan durian bawor tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Durian bawor memiliki buah dengan daging lembut dan tebal yang berwarna oranye, warna oranye disebabkan karena bagian atas durian bawor berasal dari jenis durian montong orange. Selain daging buah, ukuran biji durian bawor lebih kecil dan tipis. Rasa buah yang lebih menggigit karena manis tetapi agak sedikit pahit karena mempunyai kandungan alkohol menyerupai rasa buah durian lokal. Aroma buah durian tidak terlalu menyengat, sehingga orang yang tidak begitu suka dengan aroma durian masih dapat menikmatinya. Bobot satu buah durian bawor berkisar antara 6–9 kg dan mempunyai bobot maksimal mencapai 15 kg.

Selain itu, Pohon Durian bawor tergolong sangat produktif karena sudah bisa dipanen ketika berumur 3 tahun jauh lebih singkat jika dibadingkan dengan pohon durian jenis lain yang baru bisa dipanen setelah usia tanam delapan tahun. untuk masa panen pun tidak usah diragukan lagi karena durian bawor berbuah sepanjang tahun sehingga bisa dipanen lebih dari 1 kali dalam setahun. selain itu 1 pohon durian bisa menghasilkan lebih dari 60 buah durian. Bahkan ketika pohon berumur lima tahun dapat menghasilkan 100 kg buah dengan berat rata-rata mencapai 4–5 kg. Selain itu harga durian bawor lebih tinggi bila dibandingkan durian montong.

Informasi Tambahan

Berat 5,00 kg
Dimensi 5 × 6 × 15 cm

Ulasan

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang sudah login dan telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.