Obral!

Bibit Alpukat Aligator

Rp 70.000

-13%

Alpukat aligator atau alligator adalah tanaman buah langka, buah alpukat yang dihasilkan memiliki ukuran besar, berupa memanjang, jadi membesar dibawah seperti buah pir (hingga diberi nama juga alligator pear), terasa juga lezat serta pulen. Buah alpukat aligator masih tetap termasuk unik, tidak sering dipandang, kesempatan pasar masih tetap sangatlah besar bila mau dibudidayakan.

Asal Bibit : sambung pucuk (Enten)
Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah – tinggi
Masa Produktif : berbuah dalam 1-3 tahun dari tanam
Dapat Ditanam Di Pot, Rekomendasi Ukuran Pot : diameter 60 cm

Tinggi pohon sekarang 60 cm up

Jual bibit alpukat Aligator – Sijumbo yang genjah dan disukai market Indonesia

Alpukat atau avocado adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah orang Indonesia. Saat ini, Indonesia merupakan negara penghasil alpukat terbesar nomer 4 di dunia. Menurut FAO, produksi alpukat di dunia saat ini berada pada angka sekitar 2,5 juta tonpertahun, dengan 5% diantaranya berasal dari Indonesia. Tiga negara lain yang memiliki produktifitas alpukat paling besar diatas Indonesia adalah meksiko dengan 36%, America 8%, dan Kolombia 6%.

Alpukat di Indonesia memiliki jenis yang beragam tapi pernahkah anda mendengar jenis alpukat aligator? Alpukat aligator atau parsea americana memang masih tergolong jenis alpukat yang jarang di Indonesia. Namun jika anda pencinta buah alpukat pasti anda sudah tahu tentang jenis alpukat yang satu ini. Alpukat ini berasal dari Mexico, bibitnya pertamakali di import oleh salah seorang petani buah dari daerah Jawa Timur. Baru setelah itu bibitnya diperbanyak dengan teknik okulasi.

Dan sampai saat ini, populasi varietas alpukat aligator ini sudah menyebar keseluruh wilayah Indonesia. Baik skala perkebunan besar maupun skala rumah tangga yang banyak ditanam di dalam pot. Karena memang salah satu keunggulan dari alpukat ini yaitu sangat cocok untuk dijadikan tabulampot. Berikut adalah salah satu contoh tabulampot alpukat aligator
tabulampot alpukat aligator

tabulampot alpukat aligator

Alpukat aligator, dari namanya terdengar menyeramkan, tapi siapa sangka alpukat ini justru menjadi primadona di antara banyak jenis alpukat. Alpukat alligator termasuk jenis alpukat unggulan. Jenis ini dikatakan unggulan karena keunggulannya dari segi ukuran yang besar lonjong, lebih besar dari pada varietas lainnya, segi rasa juga tidak diragukan lagi, karena alpukat aligator memiliki rasa yang khas dan manis. Selain itu daging buahnya tebal dan padat, teksturnya pun lembut.

Buah alpukat ini memiliki ukuran buah yang besar sama seperti buah alpukat kendil, alpukat markus, dan alpukat pluwang. Besar dari alpukat aligator dapat mencapai bobot rata rata 1,13 kg/buah sehingga alpukat ini juga mendapat julukan giant avocado atau alpukat JUMBO. Di atas rata-rata berat buah alpukat jenis lain.

Sama seperti namanya, buah alpukat ini memiliki bentuk yang unik seperti aligator. Buahnya berbentuk bulat memanjang dan membesar di bagian bawah, sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil. Kulit buahnya hijau tua mengkilap, cukup kuat menahan hama ulat buah. Bagi pencinta buah alpukat, alpukat aligator adalah salah satu buah yang wajib di coba dan sangat direkomendasikan untuk dibudidayakan.

Buah alpukat yang menjadi varietas unggul di Amerika ini, memiliki daging buah yang tebal, padat, dan bertekstur lembut. Rasa buah alpukat aligator gurih dan nikmat khas alpukat mentega. Sehingga banyak disukai oleh pencinta buah alpukat di Nusantara. Untuk mengetahui lebih detail keunggulan dari alpukat aligator mari kita bahas keistimewaannya satu persatu.
Keunggulan Alpukat Aligator
alpukat aligator

alpukat aligator
1. Ukuran buah besar

Alpukat aligator adalah salah satu jenis alpukat yang memiliki ukuran sangat besar. Saking besarnya alpukat ini mendapat julukangiant avocado atau alpukat raksasa. Ukurannya bisa mencapai berat rata-rata 1,2 sampai 1,8 kg/buah. Jika dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain, alpukat aligator memiliki selisih ukuran buah yang jauh lebih besar.

2. Daging buah tebal

Selain memiliki ukuran buah yang terkenal besar, alpukat aligator juga dikenal dengan daging buahnya yang sangat tebal, padat, dan berwana kuning seperti mentega. Ukuran biji alpukat ini juga tidak terlalu besar alias sedang.

3. Rasa yang gurih

Bukan hanya bentuk buahnya yang unik, rasa buah alpukat aligator juga unik. Alpukat aligator memiliki tekstur daging buah yang creamy, lembut, gurih dan aroma alpukatnya sangat kental. Meski tingkat kepulenannya masih dibawah Alpukat Miki.

Selain itu alpukat ini memiliki rasa gurih dan tidak ada rasa pahit. Sehingga banyak orang yang menyukai buah alpukat ini. Dari keseluruhan buah alpukat aligator, kita bisa menikmati 65 sampai 70% buahnya.

4. Tingkat adaptasi yang tinggi

Bibit buah alpukat aligator ini dikenal memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dan sangat baik dengan kondisi iklim Indonesia. Bibitnya dapat tumbuh, hidup, dan berbuah dengan baik walau ditanam pada tingkat ketinggian berapapun. Bibit buah ini dapat ditanam pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi.

Walaupun dapat ditanam pada tingkat ketinggian yang berbeda, akan lebih baik jika bibit alpukat aligator ditanam pada ketinggian ideal 200 sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Tujuannya adalah agar pohon alpukat aligator dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbuah dengan maksimal.

5. Bersifat genjah

Keunggulan lain yang dimiki alpukat aligator selain dapat tunmbuh pada tingkat ketinggian berapapun adalah memiliki sifat genjah atau dapat cepat berbuah. Buah alpukat aligator sudah dapat tumbuh dan dapat dipanen saat tanaman berusia 2.5 sampai 3.5 tahun setelah masa penanaman dengan teknik okulasi. Berbeda dengan jenis alpukat lain yang membutuhkan waktu 3 sampai 5 tahun untuk dapat mulai berbuah.

6. Perawatan yang mudah

Alpukat aligator sangat mudah untuk dirawat, bahkan oleh orang yang baru ingin belajar menanam alpukat. Sehingga memilih alpukat aligator untuk dibudidayakan merupakan sebuah pilihan yang tepat. Cukup lakukan penyiraman sehari dua kali, pada pagi dan sore hari. Lakukan pemupukan secara teratur dengan NPK sebanyak 100 gram yang dilarutkan dengan 20 liter air. Larutan pupuk ini disiramkan pada sekitaran tajuk pohon. kemudianlakukan pemangkasan agar pohon alpukat tidak terlalu tinggi dan bisa tetap produktif. Selain itu karena memiliki kulit yang lumayan tebal, buah alpukat aligator juga tahan terhadap serangan hama ulat.

7. Produktifitas yang tinggi

Selain memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah. Alpukat aligator juga dikenal karena tingkat produktifitasnya yang tinggi. Bayangkan, dalam satu tahun alpukat aligator bisa melakukan panen sebanyak dua kali. Sekali panen buah yang dihasilkan dalam satu pohon bisa mencapai bobot 70 sampai 100 kg. Masa panen buah alpukat aligator juga tidak mengenal musim karena berbuah sepanjang tahun. Karena tingkat produktifitasnya yang tinggi, alpukat aligator cocok dijadikan pilihan oleh banyak petani untuk jadi buah yang dibudidayakan karena sangat menjanjikan.

Cara Penanaman dan Perawatan Alpukat Aligator

Bibit tanaman alpukat alligator hasil perbanyakan okulasi ini dapat tumbuh optimal di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Sebelum anda menanam dan merawat bibit alpukat aligator, alangkah baiknya anda mengetahui seperti apa ciri bibit alpukat aligator asli yang bisa anda ketahui. Salah satunya yaitu bisa anda lihat dari bagian daun. Daun alpukat aligator yang bagus dan asli, bagian tepinya bergelombang atau tidak rata. Ini jarang anda lihat di daun alpukat jenis lain.

Untuk itu jika anda pergi ke tempat yang jual bibit alpukat aligator, amatilah bagian tersebut. Atau untuk lebih mudah anda bisa mendapatkan bibitnya di tempat kami, karena kami jual bibit alpukat aligator yang dijamin kwalitas dan keasliannya.

Penanaman

Penanaman dapat dilakukan di lahan terbuka dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran 50x50x50 cm. Kemudian tanah dari galian lubang tanam tersebut dicampurkan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata, lalu ditambahkan sekam. Diamkan lubang tanam dan media tanam selama 2-3 hari agar mengeluarkan gas-gas beracun yang dapat menghambat pertumbuhan bibit tanaman. Setelah 2-3 hari berselang, bibit alpukat alligator dapat ditanam, posisikan bibit berada di tengah lubang lalu kubur dengan media tanam dan padatkan tanahnya.

Penyiraman

Penyiraman terhadap bibit tanaman alpukat alligator cukup dilakukan setiap pagi dan sore, dan bila memasuki musim penghujan intensitas penyiraman dikurangi atau tidak perlu disiram. Usahakan tempat bibit ditanam terhindar dari genangan air, karena dapat merusak tanaman dan menghambat pertumbuhan bibit.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan sebulan sekali secara rutin dengan menggunakan pupuk NPK buah atau pupuk kandang atau bisa diganti pupuk kompos yang sudah difermentasi. Berikan pupuk secara melingkar di sekeliling tanaman dengan membuat lubang terlebih dahulu.

Manfaat Alpukat Aligator

Selain keunggulan bentuk, rasa, dan kemudahan budidayanya. Buah alpukat aligator juga memiliki banyak nutrisi yang terkandung dalam buahnya, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam durian aligator yaitu :

Mengandung omega 6. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung buah alpukat aligator sangat cocok untuk anda konsumsi karena di dalam alpukat aligator mengandung asam oleat yang sangat berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL)
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, alpukat aligator mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.
Mengandung fitosterol, yang dapat mengurangi rasa sakit akibat artritis atau osteoartritis.. selain itu dapat mencegah penyakit rematik karena memiliki fungsi antiinflamasi.
Antioksidan yang tinggi dibutuhkandari vitamin C dan E dalam alpukat aligator membantu memulihkan cadangan yang beresiko memulihkan artritis.
Karena mengandung phytochemical alpukat aligator baik untuk mencegah kanker. Phytochemical adalah zat yang bersifat chemopreventive, mereka dapat memperkuat sel-sel kanker tubuh yang tidak berkembang di dalam tubuh.
Kandungan kalium yang tinggi. Kalium sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah. Dapt mengurangi resiko terkena penyakit, stroke, hipertensi, dan jantung koroner.
Kaya akan asam folat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Asam folat dapat menghindari resiko cacat lahir, karena dapat memperkuat pertumbuhan janin di dalam rahim.

Itulah keistimewaan yang terdapat pada buah alpukat aligator, buah alpukat raksasa asal Mexico yang disukai para pencinta alpukat Nusantara.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Hanya pelanggan yang sudah login dan telah membeli produk ini yang dapat memberikan ulasan.